Nyeri Haid Jadi Gejala Endometriosis Kata Dokter Klinik Utama Prima

mengobati vaginitis bersama dokter klinik utama prima
Mengobati Vaginitis Bersama Dokter Klinik Utama Prima
February 12, 2020
penyebab parafimosis remaja menurut klinik utama prima
Penyebab Parafimosis Remaja Menurut Klinik Utama Prima
February 13, 2020
nyeri haid jadi gejala endometriosis kata dokter klinik utama prima

Klinik Utama Prima, Jakarta- Nyeri haid jadi gejala endometriosis kata dokter klinik utama prima, kamu bisa konsultasi dengan kami sekarang juga. Salah satu gejala endometriosis yakni dismenore atau rasa nyeri ketika menstruasi. Nyeri haid yang menjadi-menjadi adalah gejala endometriosis yang sangat umum. Endometriosis terjadi ketika jaringan rahim tumbuh di bagian luar uterus atau rahim. Ketika menstruasi, jaringan endometrium akan luruh dan keluar melalui vagina.

Namun jaringan endometrium yang berada diluar rahim, walaupun ikut meluruh dan berdarah, tidak mempunyai jalan keluar.  Ketika endometriosis berhubungan dengan ovarium, akan muncul kista yang biasa disebut dengan ovarium endometriomas. Konsekuensinya, jaringan di sekitar sana akan mengalami iritasi. Lebih jauh lagi, pertumbuhan jaringan menjadi tidak normal dan mengakibatkan organ jaringan panggul melekat satu sama lainnya.

Jadi nyeri haid jadi gejala endometriosis kata dokter klinik utama prima


Penderita endometriosis sering mengalami rasa nyeri haid jadi gejala endometriosis kata dokter klinik utama prima. Selain itu, masalah endometriosis berdampak pada kesuburan seseorang. Gejala utama terjadinya keluhan endometriosis adalah rasa nyeri dibagian panggul, terutama saat siklus haid datang. Memang wajar ketika wanita merasa nyeri saat menstruasi. Namun bagi penderita endometriosis, rasa nyeri ini sangat mendominasi. Gejala endometriosis lainnya adalah:

1. Dismenore

Dismenore merupakan istilah medis untuk rasa nyeri haid jadi gejala endometriosis kata dokter klinik utama prima. Bahkan, perut kram dan nyeri panggul bisa terasa sejak hari pertama sebelum dan sesudah menstruasi. Penderita endometriosis juga akan mengalami rasa sakit di punggung dan perut.

2. Nyeri saat berhubungan badan

Penderita endometriosis kerap merasakan sakit ketika berhubungan seksual. Hal ini terjadi karena gerakan-gerakan hubungan seks yang umumnya menarik jaringan endometrial. Contohnya, penetrasi penis ke vagina bisa menarik jaringan endometrial terutama apabila tumbuh di belakang vagina atau uterus bagian bawah.

3. Nyeri saat buang air kecil

Gejala endometriosis lainnya yakni sakit ketika buang air kecil. Sensasi menjadi semakin terasa ketika sedang menstruasi. Setidaknya kalangan wanita yang mengalami endometriosis akan merasa nyeri dan ada sensasi terbakar saat buang air kecil.

4. Pendarahan

Ketika menstruasi, penderita endometriosis akan mengalami pendarahan yang berlebihan. Bahkan, bisa terjadi pendarahan dalam siklus haid.

nyeri haid jadi gejala endometriosis kata dokter klinik utama prima

5. Ketidaksuburan

Infertilitas atau tidak subur menjadi salah satu gejala terjadinya endometriosis. Biasanya saat seorang wanita mengalami sulit mempunyai keturunan, dokter akan memeriksa apakah ia menderita keluhan ini atau sebaliknya.

6. Lemah dan lesu

Selain berbagai gejala di atas, endometriosis bisa menyebabkan penderita merasa lemas, mual, muntah, bahkan mengalami diare sampai konstipasi. Keluhan ini umumnya akan terjadi ketika menstruasi.

Gejala endometriosis tidak berbeda jauh dengan keluhan ovarium dan infeksi radang panggul. Selain itu, masalah di bagian pencernaan seperti kram, diare, dan konstipasi kerap disalahartikan sebagai keluhan sindrom pencernaan atau irritable bowel syndrome.

Kapan harus mengunjungi dokter ginekologi?


Nyeri haid jadi gejala endometriosis kata dokter klinik utama prima tidak menunjukan tanda dan gejala parahnya endometriosis seseorang. Untuk mengetahui kondisi medis kamu, segera lakukan konsultasi dengan dokter ahli dibidangnya. Hal yang paling dikhawatirkan dari endometriosis adalah terjadinya komplikasi, seperti:

Bentuk komplikasi utama dari keluhan endometriosis yakni masalah kesuburan. Setidaknya wanita yang mengalami endometriosis biasanya tidak subur dan kesulitan mempunyai keturunan. Endometriosis menyebabkan sperma dan sel telur tidak bisa bertemu. Konsekuensinya, kemungkinan pembuahan sulit terjadi. Bahkan endometriosis bisa menghancurkan sperma dan sel telur.

Komplikasi yang terjadi akibat endometriosis bisa menyebabkan kanker ovarium. Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa endometriosis dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker. Selain itu, ada berbagai faktor resiko yang harus kamu perhatikan. Dalam kondisi tertentu, beberapa kalangan beresiko mengalami endometriosis lebih tinggi.

Jika kamu mengalami tanda dan gejala buruk jangka panjang, lakukan konsultasi dengan dokter kelamin di Klinik Utama Prima Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa dapatkan melalui nomor 0813-1790-3393 atau Facebook Disini. Demikian kami sampaikan mengenai nyeri haid jadi gejala endometriosis kata dokter klinik utama prima, semoga bermanfaat.

Baca juga: Telat Menstruasi, Gejala Endometriosis Menurut Klinik Utama Prima


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.dokterkelamin.id merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak. Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.


Pengobatan PMS (Penyakit Menular Seksual) meliputi: 

Gonore, herpes genital, kutil kelamin, kutu kelamin, non-gonococcal urethritis (NGU), sifilis, dll. Pengobatan gonore, pengobatan herpes genital, pengobatan kutil kelamin, pengobatan kutu kelamin, pengobatan non gonococcal urethritis, pengobatan sifilis, cara menyembuhkan penyakit gonore, cara menyembuhkan penyakit herpes genital, cara menyembuhkan penyakit kutil kelamin, cara menyembuhkan penyakit kutu kelamin, cara menyembuhkan penyakit non gonococcal urethritis, cara menyembuhkan penyakit sifilis.